Preaload Image

Memiliki motto “Unggul dalam Pengembangan, Terampil dalam Penerapan”, KBK Akuntansi Manajemen dan Biaya (AMB) bermaksud menjadi KBK unggul dan rujukan dalam kajian akuntansi manajemen dan biaya dengan tujuan untuk menjadi pusat pengembangan riset akuntansi manajemen dan biaya, serta pusat konsultasi dalam penerapan akuntansi manajemen bagi organisasi. Adapun Langkah utama yang dilakukan adalah:

    1. Menyelenggarakan pendidikan dalam kajian akuntansi manajemen dan biaya yang terkini.
    2. Menyelenggarakan penelitian dalam kajian akuntansi manajemen dan biaya yang terkini.
    3. Menyebarluaskan hasil penelitian yang dihasilkan oleh bidang akuntansi manajemen dan biaya.
    4. Menyelenggarakan pengabdian dalam kajian akuntansi manajemen dan biaya yang terkini.

Cakupan topik dalam AMB dijabarkan secara rinci sebagai berikut dan target pencapaiannya dijelaskan dalam infografis:

    1. Riset keperilakuan mengenai biaya, perencanaan stratejik, pengendalian dan evaluasi dalam pengambilan keputusan manajemen pada sektor publik maupun privat.
    2. Implementasi Alat dan Metode yang digunakan Akuntansi Manajemen Stratejik meliputi anggaran, standar-costing dan analisis varian, analisis rasio, membandingkan laporan keuangan dengan anggaran, marginal costing dan analisis CVP, Analisis Fund Flow dan Cash Flow, TQM, Business Proses Reengineering, total cost, Activity Based Costing and Management, Life-cycle costing, dan Balance Score Card menggunakan teknologi informasi terkini.
    3. Pengumpulan informasi dan pengambilan keputusan manajerial menggunakan tactical Decision Making, Capital Investment Decision dan Inventory Management.
    4. Analisis Performance management and Reward, Cost Management, Implementation and Change in Private and Public Industry, Capital Budget, Management Accounting Strategy, Risk Management, Knowledge Management and Intellectual Capital, penerapan transfer pricing dalam pencapaian tujuan perusahaan, penerapan penganggaran partisipatif dalam hubungannya dengan budgetary slack, penilaian kinerja manajemen berdasarkan fungsi dan peran manajemen, penyusunan laporan keberlanjutan bagi organisasi.
    5. Pengembangan Management Control System and Budgetary Control berbasis IT.
    6. Penyusunan Formulasi Strategi yang meliputi penyusunan misi perusahaan, Corporate Social Responsibility dan Etika Bisnis, Strategi untuk Lingkungan Eksternal Global dan Internal, Penyusunan strategi bisnis dan tujuan jangka panjangnya pada sektor privat dan publik.
    7. Implementasi CSR dalam hubungannya dengan kinerja organisasi, Penerapan corporate governance dalam organisasi bisnis dan non bisnis.
    8. Implementasi Strategi, pengendalian, dan Inovasi yang meliput implementasi tujuan, struktur organisasi Private dan Publik, Kepemimpinan dan Budaya, serta Inovasi dan Kewirausahaan.
    9. Penerapan Good Governance meliputi etika perilaku dalam bisnis, dimensi moral dan mentalitas dalam organisasi, prinsip good governance, organisasi dan struktur tata kelola perusahaan, penciptaan prakondisi pelaksanaan GCG, Best Practice dan Penerapan GCG di Indonesia, serta keterkaitan Good Governance dengan kinerja perusahaan, Fraud, dan CSR.
Translate »
Skip to toolbar