Inovasi Mahasiswa UM dalam Mendukung Pencapaian SDGs Melalui Kegiatan Asistensi Mengajar di SMKN 1 Pasuruan

Published: 28 May, 2024

Universitas Negeri Malang (UM) melalui kegiatan Asistensi Mengajar (AM) kembali membuat gebrakan dalam upaya mendukung pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs). Program yang berlangsung dari Februari hingga Juni 2024 ini bertempat di SMKN 1 Pasuruan, dan melibatkan lima mahasiswa dari prodi S1 Pendidikan Akuntansi. Mereka melakukan berbagai kegiatan yang tidak hanya berfokus pada peningkatan kualitas pendidikan, tetapi juga mencakup aspek keberlanjutan seperti pembuatan media pembelajaran berbasis Pop-up Book yang menarik bagi siswa, serta inovasi aplikasi “Bank Soal Perpajakan” yang menggunakan pendekatan gamifikasi untuk memudahkan pemahaman materi perpajakan. Selain itu, mahasiswa juga melibatkan diri dalam kegiatan administrasi dan program kerja lainnya yang bertujuan untuk memperkuat kapasitas sekolah dalam pemanfaatan teknologi dan pengelolaan sumber daya secara efisien, sejalan dengan upaya pencapaian SDGs lainnya.

Selain fokus pada pendidikan dan teknologi, kegiatan Asistensi Mengajar ini juga mendukung pembangunan komunitas yang berkelanjutan dengan melibatkan siswa dalam program-program yang meningkatkan keterampilan dan partisipasi aktif mereka. Dalam ranah non-akademik, mahasiswa berkontribusi dalam pembuatan video profil sekolah, denah sekolah, serta pengelolaan website dan media sosial, yang semuanya bertujuan untuk memperkuat keterlibatan komunitas sekolah dalam menjaga lingkungan dan mempromosikan praktik berkelanjutan. Program-program ini tidak hanya mendukung SDGs 4, tetapi juga berkontribusi pada SDGs 11: Kota dan Pemukiman yang Berkelanjutan, dengan mendorong kesadaran akan pentingnya lingkungan belajar yang inklusif dan berkelanjutan. Secara keseluruhan, program Asistensi Mengajar di SMKN 1 Pasuruan ini menjadi contoh nyata dari bagaimana pendidikan tinggi dapat berperan dalam pencapaian berbagai tujuan pembangunan global. Mahasiswa juga melakukan kegiatan seminar etika profesi dan SOP yang bertujuan untuk mempersiapkan siswa dalam praktek kerja lapangan, dengan mendatangkan founder dari Sudimara Akademi. Kegiatan ini mendukung tercapainya SDGs 8, untuk memperkuat bekal keterampilan yang dibutuhkan di dunia kerja, yang akhirnya berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan. Kerjasama dengan lembaga seperti Sudimara Akademi, juga menunjukkan pentingnya kemitraan dalam mencapai tujuan pendidikan dan pengembangan keterampilan, yang merupakan salah satu target dalam SDGs 17. Kegiatan AM mahasiswa S1 Pendidikan Akuntansi FEB UM ini, secara keseluruhan mendukung upaya untuk mempersiapkan generasi muda dengan keterampilan yang diperlukan, sehingga dalam berkontribusi secara aktif dalam perekonomian masyarakat.

Find More

Categories

Follow Us