Pengaruh Penyesuaian Diri, Self Efficacy Dan Kecerdasan Interpersonal Sebagai Variabel Intervening Terhadap Prestasi Akademik Pada Mahasiswa Baru Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Malang

Published: 10 September, 2016

Anita, Estu. 2016. Pengaruh Penyesuaian Diri, Self Efficacy Dan Kecerdasan Interpersonal Sebagai Variabel Intervening Terhadap Prestasi Akademik Pada Mahasiswa Baru Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Malang. Skripsi, Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Sriyani Mentari, S.Pd., M.M (II) Dr. H. Cipto Wardoyo, S.E., M.Pd, M.Si. Ak., CA.

Kata Kunci: Penyesuaian Diri, Self-Efficacy, Kecerdasan Interpersonal, Prestasi Akademik

Memasuki jenjang pendidikan yang baru cenderung membutuhkan proses penyesuaian diri. Selain itu, sikap yakin akan kemampuan dapat mengerjakan sesuatu atau self-efficacy juga diperlukan. Untuk menunjang meningkatnya prestasi akademik, sebagai mahasiswa dituntut untuk dapat memiliki kecerdasan interpersonal yang baik. Jika mahasiswa baru dapat melakukan penyesuaian diri dengan baik, memiliki self-efficacy dan dengan meningkatkan kecerdasan interpersonal, maka diduga prestasi akademik mahasiswa tersebut juga akan baik.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh langsung dan tidak langsung antara Penyesuaian Diri, Self-Efficacy, dan Kecerdasan Interpersonal sebagai variabel Intervening terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa Baru Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Malang. Penelitian ini merupakan penelitian kausal komparatif menggunakan analisis jalur (path analysis). Populasi penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan Akuntansi Angkatan 2015 Universitas Negeri Malang berjumlah 155 mahasiswa, dengan sampel 111 mahasiswa. Data diperoleh dengan menyebarkan angket dan dokumentasi berupa nilai Indeks Prestasi mahasiswa semester gasal tahun ajaran 2015/2016.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) terdapat pengaruh langsung Penyesuaian Diri terhadap Kecerdasan Interpersonal, 2) terdapat pengaruh langsung Self-Efficacy terhadap Kecerdasan Interpersonal, 3) terdapat pengaruh langsung Kecerdasan Interpersonal terhadap Prestasi Akademik, 4) terdapat pengaruh langsung antara penyesuaian diri terhadap prestasi akademik, 5) terdapat pengaruh langsung antara self efficacy terhadap prestasi akademik, 6) terdapat pengaruh tidak langsung Penyesuaian Diri terhadap Prestasi Akademik melalui Kecerdasan Interpersonal, 7) terdapat pengaruh tidak langsung Self-efficacy terhadap Prestasi Akademik melalui Kecerdasan Interpersonal.
Berdasarkan penelitian tersebut disarankan agar (a) pendidik atau dosen mempu menumbuhkan Penyesuaian Diri dan Self-efficacy mahasiswa baru agar dapat mengembangkan Kecerdasan Interpersonal (b) mahasiswa baru terus menumbuhkan proses penyesuaian diri dan sikap self-efficacy dengan terus melatih kecerdasan interpersonal, karena baik penyesuaian diri, self-efficacy, dan kecerdasan interpersonal berpengaruh terhadap prestasi akademik mahasiswa baru.

Find More

Categories

Follow Us

Related Content